Bahan Baku

Bahan Baku

Intsia Bijuga

Pohon merbau adalah pohon yang berasal dari daerah Timur Asia Selatan seperti India, Filipina, Indonesia, Australia dan banyak Kepulauan Pasifik. Merbau digunakan dalam berbagai aplikasi; dari konstruksi untuk furniture indoor dan outdoor. Merbau adalah kayu yang sangat keras, tahan lama dan tahan rayap, membuatnya menjadi bahan yang sangat cocok untuk pembuatan arang.

Shorea

Meranti adalah pohon yang berasal dari Asia tenggara, mulai dari India Utara ke Malaysia, Indonesia dan Filipina. Meranti tradisional tumbuh di tanah baik-dikeringkan pada ketinggian rendah hingga menjadi salah satu pohon yang paling umum di hutan tropis. Meranti memiliki sedikit daya tahan yang lebih dibandingkan dengan pohon lain yang biasa digunakan untuk furnitur sehingga merupakan pilihan yang cocok bahan untuk pembuatan arang.

Tamarind ­ Asam Jawa

Asam (Tamarindus indica, kurma India) adalah suku polong-polongan dalam keluarga Fabaceae yang berasal dari Afrika tropis. Sejak ribuan tahun, tanaman ini telah merambah ke daerah tropis Asia dan kemudian juga ke Karibia dan Amerika Latin. Pohon asam dapat tumbuh baik sampai ketinggian sekitar 1.000 m (kadang-kadang sampai 1.500 m) di atas permukaan laut, di tanah berpasir atau tanah liat, khususnya di daerah musim yang jelas dan kering cukup panjang. Kayu asam berwarna cokelat kemerahan, berat, keras, padat, tahan lama dan bertekstur halus, sehingga sering digunakan untuk membuat furnitur, kerajinan, ukiran dan patung.

Sonokeling ­ Rosewood

Semua Rosewoods aslinya milik genus Dalbergia. Rosewood klasik lain datang dari Dalbergia latifolia dikenal sebagai Rosewood dari India Timur atau sonokeling. Kayu ini berasal dari India dan juga tumbuh di perkebunan pada tempat lainnya di Asia Tenggara. Di Indonesia, rosewood hanya ditemukan tumbuh liar di hutan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada ketinggian di bawah 600 m. Kayu sonokeling memiliki pola yang indah, ungu-hitam bergaris beruntun hitam atau keunguan dengan garis-garis coklat kemerahan. Kayu biasa digunakan untuk membuat furnitur, lemari, dan berbagai mebel kelas tinggi. Karena merupakan kayu yang kuat, tahan lama dengan kualitas yang baik, rosewood juga sering digunakan untuk membuat ukiran dan patung, barang bubut, alat musik dan olahraga, serta furnitur kayu membungkuk seperti gagang payung, tongkat dan lain-lain. Selain itu, rosewood juga digunakan dalam pembuatan lantai parket. Memiliki kepadatan tinggi dan kadar air rendah sekitar 15% sehingga membuatnya bahan baku yang bagus untuk arang.
Arang Sonokeling mempunyai nilai kalor sampai 7500 (Kcal / kg)

Coffea

Pohon Coffea adalah anggota dari keluarga Rubiaceae. Beberapa spesies Coffea dapat ditanam untuk diambil benihnya. Arabika Coffea merupakan tanaman yang memegang 75-80 persen dari produksi kopi dunia, sementara robusta menyumbang sekitar 20 persen. Mereka adalah semak atau pohon kecil yang berasal dari tropis dan Afrika Selatan juga Asia tropis. Ketika tumbuh di daerah tropis, kopi adalah semak kuat atau pohon kecil. Spesies kopi yang paling umum dibudidayakan tumbuh terbaik pada ketinggian tinggi, tapi tidak dapat mentolerir suhu beku. Kopi mendapat peringkat sebagai salah satu tanaman komoditas yang paling berharga dan banyak diperdagangkan di dunia dan merupakan produk ekspor penting dari beberapa negara, termasuk di Amerika Tengah dan Selatan, Karibia dan Afrika.

Jati ­ Teak

Jati adalah spesies kayu keras pohon tropis yang dikenal sebagai Tectona grandis. Spesies ini ditempatkan dalam keluarga Lamiaceae. Hal ini juga dikenal sebagai CP Teak, Nagpur Jati dalam bahasa Inggris. Tectona grandis adalah pohon berdaun besar yang dominan di hutan campuran kayu keras. Kayu jati yang sangat dihargai untuk yang daya tahan dan tahan air, dan digunakan untuk pembuatan kapal, konstruksi eksterior, veneer, furnitur, ukiran, liku, dan kayu kecil lainnya projects.Tectona grandis adalah berasal dari selatan dan tenggara Asia, terutama India, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Burma, tetapi kini dinaturalisasi dan dibudidayakan di banyak negara di Afrika dan Karibia.

Acacia ­ Acacia Magnum

Acacia mangium adalah spesies pohon berbunga dari keluarga kacang, Fabaceae, yang berasal dari Queensland di timur laut Australia, Provinsi Barat Papua Nugini, Papua, terutama di Sumatera di Indonesia dan Kepulauan Maluku bagian timur. Pohon Acacia mangium menghasilkan gubal dan batang kayu. Warna batang kayunya mengkilap kuning kecoklatan dan bertekstur menengah. Karena kayu yang sangat berat, sulit, sangat kuat, tangguh, dan cenderung melengkung dan retak parah maka kebanyakan digunakan untuk furnitur, kusen pintu dan jendela. Permukaan akhir setelah dipelitur menjadi Glossy dan halus sehingga berpotensi untuk membuat ubin lantai parket dan artefak yang ditujukan untuk ekspor. Sejak pohon-pohon ini dapt retak dengan mudah dan kurang cocok untuk digunakan sebagai furnitur, maka jenis ini kebanayakan digunakan untuk industri bubur kertas dan bahan bakar biomassa. Kedua industri akan membutuhkan pohon Acacia mangium yang akan kemudian akan dikelupas dan dikirim sesuai dengan berat per ton dan kadar kelembaban.

Eucalyptus

Eucalyptus adalah genus beragam berbunga pohon dan semak dalam keluarga murad, Myrtaceae. Anggota dari genus yang mendominasi pepohonan Australia. Lebih dari 700 spesies kayu putih sebagian besar berasal dari Australia, dan ditemukan di daerah yang berdekatan New Guinea dan Indonesia. Beberapa spesies kayu putih telah menarik perhatian dari ahli horticultural, peneliti pembangunan global, dan lingkungan karena sifat yang sangat berpotensi seperti dapat menjadi sumber kayu yang berkembang dengan pesat dari , produksi minyak yang dapat digunakan sebagai pembersih dan sebagai insektisida alami, atau kemampuan yang dapat digunakan untuk menguras rawa sehingga dengan demikian dapat mengurangi risiko malaria. Eukaliptus memiliki banyak kegunaan yang membuat mereka menjadi pohon ekonomis penting. Karri dan Eucalyptus melliodora adalah jenis yang paling terkenal dari Eucalyptus karena pertumbuhan yang cepat dan kayunya yang sangat berguna. Kayu tersebut dapat digunakan sebagai hiasan, kayu, kayu bakar dan kayu pulp.

Alaban ­ Vitex Pubescens

Vitex pinnata adalah pohon dari keluarga Verbenaceae, berasal dari Asia Tenggara dan Selatan. Vitex pinnata memiliki kayu yang sangat kuat dan tahan lama, tahan lama bahkan dalam kontak dengan air atau tanah. Warna kayu ini adalah coklat keabu-abuan. Kayunya dapat digunakan untuk posting, kusen pintu dan jendela dan beberapa perabot lainnya.

Cocos Nucifera

Pohon kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota dari keluarga Arecaceae (keluarga kelapa). Kelapa dikenal untuk fleksibilitas yang besar seperti yang terlihat di banyak bagian berguna yang berbeda dan ditemukan di seluruh daerah tropis dan subtropis. Sekam dan cangkang kelapa dapat digunakan untuk bahan bakar dan merupakan sumber arang. Karbon aktif dibuat dari tempurung kelapa dianggap sangat efektif untuk menghilangkan kotoran.

Mangrove

Mangrove berbagai jenis pohon besar dan luas dengan tinggi sedang yang dapat juga berupa semak-semak. Pohon ini tumbuh di habitat sedimen pesisir garam di daerah tropis dan subtropis. Di kepulauan Indonesia, mangrove tumbuh banyak di sekitar Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan kepulauan sekitarnya, sementara lebih jauh ke utara, mereka ditemukan di sepanjang pantai Semenanjung Melayu.